Pasang Iklan Banner 50.000 per HARI di blog ini berminat kirim Sms ke 085893087804 meiko7998@gmail.com Iklan Baris 50.000

Wednesday, July 24, 2019

#1:Potensi Tsunami Besar di Selatan Jawa, Geolog Unsoed: Belum Ada Jejak Purba


Suara.com - Berkembangnya kabar potensi gempa dan tsunami besar di pesisir selatan Jawa mengundang perhatian dari Ahli Geologi Struktur dan Kegempaan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Asmoro Widagdo.

Menurutnya, potensi terjadinya tsunami memang nyata di bagian selatan Pulau Jawa, karena berhubungan
langsung dengan zona penunjaman lempeng Samudera Hindia-Australia ke bawah Lempeng Benua Eurasia. Tsunami dengan ukuran gelombang lebih kecil, menurut dia telah terjadi di sisi selatan Jawa.

"Namun apakah tsunami besar pernah terjadi dan akan terjadi di selatan Jawa? Hal ini perlu riset yang lebih mendalam dan komprehensif melibatkan berbagai disiplin ilmu," kata Asmoro melalui siaran tertulis yang dikirimkan kepada Suara.com pada Selasa malam (23/7/2019).

Ahli Geologi Struktur dan Kegempaan ini mengatakan, kemungkinan terjadinya tsunami besar dapat dijawab dengan riwayat tsunami di Jawa pada masa lampau.

"Dalam mempelajari fenomena alam kita berprinsip pada hukum geologi di mana kejadian geologi masa kini dapat digunakan sebagai kunci menjelaskan fenomena geologi masa lampau. Demikian juga hasil rekam jejak fenomena geologi tsunami masa lampau dapat kita jadikan kunci untuk menjawab kemungkinan terjadinya bencana serupa di masa mendatang," katanya.

Lebih lanjut, dia mengamati daerah Jawa Tengah bagian selatan, antara Cilacap hingga Kebumen, merupakan daerah yang ideal untuk penelitian mengenai kejadian bencana, terutama tsunami masa lampau.

"Di daerah ini dapat kita jumpai belasan garis pantai purba dan belasan deretan rawa purba di belakang pantai tersebut. Sehingga rekaman jejak tsunami akan kita jumpai di endapan pantai dan rawa purba ini," ungkapnya.

0 comments:

Post a Comment